ManGala Sutta (Berkah Utama)

Sunday, December 14, 2008

Tumimbal Lahir (RE-Born)

Tumimbal lahir adalah istilah yang di kenal dalam agama Buddha sehubungan dengan kelahiran kembali suatu makhluk hidup dalam alam yang sama atau pun berbeda serta tidak membawa kesadaran akan kehidupan alam yang sebelumnya. konsep ini berbeda dengan konsep reinkarnasi masih membawa kesadaran akan alam kehidupan dari alam sebelumnya.
yang di maksud dengan tumimbal lahir adalah sebuah proses kelahiran kembali jasmani dan batin yang lama mengalami pelapukan,kehancuran, dan kemudian muncul jasmani dan batin baru yang timbul akibat adanya kekuatan kamma(perbuatan). Jadi di sini jasmani dan batin/jiwa tidak kekal. Konsep ini di anut oleh buddhisme sesuai dengan 3 prinsip dasar hidup dalam kehidupan yaitu: Anatta segala sesuatu tanpa adanya roh/jiwa/batin yang kekal. Anicca, segala sesuatu yang terbentuk dari beberapa gabungan unsur adalah tidak kekal. dukkha, segala sesuatu yang tidak kekal membawa penderitaan.
Sedangkan pada Reinkarnasi yaitu Jasmani mengalami kehancuran/perubahan, tetapi jiwa/batin tidak mengalami kehancuran/perubahan. kemudian jiwa "mencari" dan menempati jasmani yang baru.
Reinkarnasi adalah suatu proses kelahiran kembali di mana batin/jiwa yang lama meninggalkan jasmani yang sudah lapuk dan mencari jasmani yang baru. jika di umpamakan seperti kita mengganti baju, d mana tubuh kita adalah jiwakita, dan baju adalah jasmani kita. setelah jasmani/baju usang, maka diganti dengan yang baru. jadi di sini hanya batin/jiwa yang dikatakan keakl. konsep reinkarnasi di anut oleh agama hindu seperti yang di jelaskan da;am kitab suci agama Hindu yaitu Bhagavad Gita. dan buddhisme menolak adanya batin atau jiwa yang kekal.
May All Being be Happy... Sabbe Satta Bhavantu Sukhittata... Sadhu3x....

Di Kutip Dari.. Majalah Buddhajayanti Edisi 66 minggu II-des 2008.

No comments: