ManGala Sutta (Berkah Utama)

Monday, March 2, 2009

Matteya (Maitreya)

Tentang Maitreya :
  1. cinta kasihNya untuk semua makhluk.
  2. dalam hatiNya menjadikan seluruh umat manusia sebagai Aku, Aku adalah seluruh umat manusia.
  3. mendatangkan kebahagiaan kepada seluruh umat manusia.
  4. kebahagiaan umat manusia adalah kebahagiaanKu
  5. penderitaan umat manusia adalah penderitaanKu
  6. cintakasihNya tidak terbatas.
  7. arti Maitreya ; Cinta Kasih
  8. arti Ajita ; Yang Tiada Tandingan.
  9. Ajita Maitreya ; Cinta Kasih Yang Tidak Tertandingi.
  10. memiliki sumpah agung untuk menjadikan dunia penderitaan menjadi dunia sukhavati/kebahagiaan.
  11. dsb.



Perihal saat Sabda Buddha Sakyamuni perihal kedatangan Maitreya untuk terakhir kali.
  1. kondisi dunia banyak peralatan canggih, dan perabotan canggih.
  2. terdapat banyak gedung bertingkat tinggi, dan istana-istana yang besar.
  3. seluruh jalan raya datar dan bersih bagaikan cermin. sedikit sekali debu yang menempel dipermukaan jalan yang bening dan datar.
  4. terdapat tiang-tiang lampu yang terpancang disisi jalan raya. "Pada setiap jalan raya atau persimpangan jalan yang menuju ke huma itu, terpancang tiang lampu yang disebut Manidipa,...dan terangnya jauh lebih terang dari pada sinar matahari, menyinari 4 penjuru hingga 8 Yojana. Sinar lampu2 itu berwarna kuning emas sejati. Pada siang dan malam hari sinarnya tetap terang tak berubah sedikitpun, sehingga lampu2 dari jenis apapun sinarnya akan menjadi seperti warna tinta hitam, sulit dibandingkan dengannya!"
  5. Dgn sedikit imajinasi, kita akan segera mengetahui bahwa penggambaran dari lampu modern yg sangat canggih di masa mendatang mirip dgn lampu listrik yg kita jumpai skrg dimana kedua lampu trsebut sama2 tidak berubah terangnya baik siang maupun malam. Mengingat 2500 thn yg lalu belum ditemukan lampu listrik, maka penggambaran semacam itu tentu saja amat luar biasa. Secara implisit, hal tersebut menyiratkan bahwa Buddha telah mengetahui perubahan teknologi dari zaman dulu ke zaman masa depan.
  6. "Tanahnya pun amat gaib. Bila ada kotoran seperti air kencing, tinja dan sebagainya ada di atas tanah, maka tanahnya segera membelah sehingga kotoran apa pun akan terserap sampai bersih total, kemudian celah tersebut akan menutup kembali secara otomatis, dan di atas celah itu akan tumbuh bunga padma secara spontan untuk menghapus bau kotoran." Hal ini merujuk pada suatu teknologi yang hingga saat ini belum kita temukan yakni pembuang kotoran otomatis. Apabila ada kotoran, alat tersebut akan membuka dan menyerap kotoran tersebut, kemudian memancarkan parfum yang digambarkan dengan bunga Padma(lotus) yang tumbuh secara spontan. Mengingat bahwa pada zaman ini sekalipun kita belum dapat menemukan teknologi semacam itu, maka amat luar biasa kalau orang pada masa 2500 thn yg lalu telah dapat melukiskan teknologi tersebut dgn cukup terperinci. Malahan hal ini dpt memberikan inspirasi pada kita untuk mencoba menciptakan peralatan semacam itu.
  7. "Meskipun para warga kota berada berjauhan dan terhalang bangunan-bangunan, tapi mereka bisa bertemu satu sama lain seperti berhadap-hadapan…….” Kini kita mengetahui bahwa teknologi semacam itu telah mungkin terjadi. Kita dapat berbicara melalui telepon yang juga menampilkan gambar lawan bicara kita, sehingga seolah-olah kita berhadapan langsung dengannya. teknologi serat optik yang saat ini sedang berkembang memungkinkan kita pada masa mendatang untuk mengirimkan gambar berupa hologram, maka kita dapat melakukan pertemuan atau rapat dgn orang2 yang tinggal berjauhan dimana seolah-olah mereka semua hadir dalam rapat yang sedang berlangsung.
  8. saat Maitreya sudah berada dibumi ini, para gadis-gadis menikah diusia 500 tahun, sedangkan umur manusia sendiri mencapai 84000.
  9. rakyatNya saling menghormati dan mengasihi bagai seorang ayah mengasihi anaknya demikianpula sebaliknya.
  10. para rakyatNya memiliki wajah dan rupa yang indah, halus dan bersih, bagaikan putra putri dewata.
  11. rakyatNya hanya terkena tiga jenis penderitaan, yaitu perlu makan, minum dan buang kotoran tubuh.
  12. zaman Maitreya, tidak ada peperangan, pembunuhan, perampokan, dan 10 jenis kejahatan.
  13. zaman Maitreya, rakyatNya tidak ditimpa sakit penyakit, dan tidak ditimpa oleh kesedihan, kerisauan, ketakutan, dan kegelisahan.
  14. tidak ada kemiskinan dan kelaparan.
  15. hasil bumi melimpah.
  16. sekali saja bercocok tanam, namun dapat 7 kali hasil panen, ini merupakan rahmat dan anugrah dari Yang Maha Kuasa.
  17. tanah dari bumi zaman Maitreya, merupakan butiran dan kumpulan emas-emas yang bermunculan dari dasar tanah secara spontan. Sehingga tanahnya adalah tanah emas.
  18. istana-istana banyak yang terbuat dari 7 macam permata.(intan, lazuardi, emas, zambrud, dsb).
  19. menikmati kebahagiaan yang melimpah ruah, baik jasmani maupun rohani.
  20. terdapat banyak pohon-pohon didepan rumah istana para rakyatNya, sehingga buah dari pohon itu dapat dimakan kapan saja. Dan tumbuh dan besar lagi dalam sehari. Buah-buah itu indah, sangat menarik, manis, dan apabla dimakan dapat menyegar kan tubuh dan jiwa.
  21. terdapat banyak kolam dengan air bening, yang dapat diminum.
  22. terdapat aneka rupa bunga2 yang indah dan memancarkan cahaya warna warni, yang menyejukkan batin bagi yang melihatnya.
  23. terdapat pula hewan-hwaan yang unik dan bercorak indah, untuk menghiasi dunia Maitreya.
  24. Maitreya adalah yang paling mempesona, mataNya berwarna biru bening, tubuhNya penuh keagungan.
  25. rakyatNya diajarkan oleh Maitreya untuk mencapai Kebuddhaan.
  26. setelah manusia mencapai umur 84000, ia akan bersamadhi ditempat yang nyaman dan teduh, dan batinnya meninggalkan tubuhnya dengan tenang dan kembali terlahir dialam suci disisi Para Buddha.
  27. dsb.

No comments: